Download

Senin, 27 Februari 2012

ASAL USUL AGAMA

Para pembaca yang budiman...
Mengapa Agama bisa muncul? Sehingga pada saat ini telah banyak penganut agama-agama baru yang dulu ketika zaman Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir yang membawa sebuah misi agama belum begitu banyak agama-agama baru. Selain Islam juga terdapat agama besar yang dikenal dengan agama Samawi (agama yang turun dari langit) seperti Yahudi, Majusi dan Nasrani. Lalu apa sebenarnya agama itu?



Pada hakekatnya setiap mempercayai adanya kehidupan yang kekal setelah kehidupan di dunia ini, sehingga manusia mendambakan kebahagiaan baik di-Dunia maupun di-Akhir nanti, tetapi  jalan yang ditempuh untuk mencapai itu dapat sama dan ada pula yang berbeda menurut kepercayaan dan kenyakinannya masing yang melatar belakangi kehidupannya.






Manusia sejak dahulu kala sampai sekarang meyakini bahwa adanya sebuah kekuatan yang luarbiasa (Supranatural) sebagai penguasa Jagad Raya yang yang tidak dapat dijangkau dengan akal manusia tiu sendiri. Kekuatan itulah yang akan menyelamatkan mereka dari segala kesengsaraan dan kenestapaan selama manusia hidup di dunia. Atas dasar itulah dengan proses pencarian yang sangat lama maka manusia menemukan sebutan yang pantas untuk itu sehingga mereka menamainya dengan "Tuhan (God)". Nama Tuhan-pun masih umum maknanya. 




Nah, agar manusia dapat menuju ke kerajaan Tuhan yang mereka yakini adanya, maka mereka memiliki ritual-ritual tersendiri. ritual itu pun bersumber dari mitos-mitos yang beredar di sekelilingnya, atau peninggalan-peninggalan para leluhur mereka. Maka jalan yanng dilakukan manusia yang bermacam-macam itulah dinamakan dengan "Agama". Agama-agama yang lahir dari kehidupan manusia ini tujuannya adalah utuk mencari penguasa alam yang sebenarnya. dan setiap Agama yang mereka anut, mereka menamai Tuhan mereka dengan nama yang mereka yakini. Islam dikenal dengan Allah (Alloh), Nasrani /  Kristen dikenal dengan Allah, Yahudi dikenal dengan Yahwe dan Majusi dikenal dengan Tuhan Cahaya (Ahuramazda) dan Tuhan Gelap (Ahriman).


lalu manakah yang benar? agama milik sapa yang kelak diterima oleh sang penguasa jagad raya? manusia tidak bisa menjawab itu. Karena manusia memiliki kepercayaan masing-masing. dan setiap kepercayaan mereka pasti mengajarkan hal kebaikan agar mereka selamat. kita tidak bisa menyalahkan kepercayaan yang diyakini oleh orang lain. kunci yang terpenting adalah....
JALANKAN SEGALA PERINTAH YANG TELAH DIANJURKAN DALAM KEPERCAYAAN MASING-MASING. karena Tuhan hanya menerima hamba-hambanya yang taat kepada-Nya.

By : Fadil al Yakusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu

Gabung dengan kami di sini